Sosialisasi dan Edukasi Terkait Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2) Modul Pengelolaan dan Keuangan Keluarga Sesi Mengatur Sumber Daya yang Terbatas bagi Keluarga Penerima Manfaat PKH di Dusun Ketimang Desa Pekoren Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan

Authors

  • Badiatul Hikmah STIT Muhammadiyah Bangil

Keywords:

P2K2, PKH, pengelolaan keuangan, pemberdayaan keluarga, edukasi finansial

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu bentuk bantuan sosial bersyarat yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera melalui pendekatan pemberdayaan. Salah satu kegiatan pendukung program ini adalah Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2), yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan keluarga penerima manfaat (KPM) dalam mengelola sumber daya keluarga secara produktif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh dosen STIT Muhammadiyah Bangil dengan bentuk sosialisasi dan edukasi melalui modul Pengelolaan dan Keuangan Keluarga di Dusun Ketimang, Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui pelatihan, ceramah, diskusi, dan pendampingan langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman KPM PKH dalam mengelola keuangan keluarga, menabung secara cermat, serta memulai usaha kecil tanpa modal besar. Kegiatan ini berhasil menumbuhkan motivasi kemandirian ekonomi keluarga dan mengurangi ketergantungan terhadap bantuan pemerintah. Program ini diharapkan menjadi model pemberdayaan keluarga berkelanjutan yang mampu mendorong graduasi mandiri KPM PKH.

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Hikmah, B. (2025). Sosialisasi dan Edukasi Terkait Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2) Modul Pengelolaan dan Keuangan Keluarga Sesi Mengatur Sumber Daya yang Terbatas bagi Keluarga Penerima Manfaat PKH di Dusun Ketimang Desa Pekoren Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Mission : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–17. Retrieved from http://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/mission/article/view/16