Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Kraton

Authors

  • Lilik Masruroh STIT Muhammadiyah Bangil

Keywords:

pengabdian masyarakat, guru sekolah dasar, karya tulis ilmiah, pelatihan menulis, profesionalisme guru

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh STIT Muhammadiyah Bangil melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) di Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru Sekolah Dasar dalam menulis karya ilmiah melalui pelatihan dan pendampingan intensif. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan guru dalam menyusun artikel ilmiah yang menjadi salah satu indikator pengembangan profesionalisme pendidik. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif dan kolaboratif dengan analisis deskriptif kualitatif yang menekankan pada praktik langsung (learning by doing). Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2024 dengan peserta sebanyak 20 guru SD. Tahapan kegiatan meliputi asesmen kebutuhan, pelatihan inti, pendampingan penulisan, serta tindak lanjut pasca pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menulis artikel ilmiah, ditandai dengan 80% guru mampu menyusun kerangka dan draf tulisan sesuai kaidah ilmiah. Selain itu, terbentuk forum komunikasi antar-guru sebagai wadah berbagi pengetahuan dan motivasi berkelanjutan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan berbasis praktik efektif dalam menumbuhkan budaya menulis ilmiah di kalangan guru sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Masruroh, L. (2025). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Kraton. Mission : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–23. Retrieved from http://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/mission/article/view/12

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.