Peran Teknologi Digital Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Islami Di Pesantren Digital Muhammadiyah At-tanwir Bangil

Authors

  • Kalam Mahardika STIT Muhammadiyah Bangil
  • Iwantoro Iwantoro STIT Muhammadiyah Bangil

Keywords:

Teknologi digital, pendidikan karakter, karakter Islami, pesantren digital At-Tanwir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran teknologi digital dalam penguatan pendidikan karakter Islami di Pesantren Digital Muhammadiyah At-Tanwir Bangil. Dalam era revolusi industri 4.0, teknologi digital tidak hanya menjadi sarana komunikasi dan informasi, tetapi juga berfungsi sebagai media transformasi pendidikan, khususnya dalam pembentukan karakter santri yang berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital di Pesantren At-Tanwir mencakup penggunaan media sosial, platform pembelajaran digital, serta aplikasi penguatan ibadah harian santri. Teknologi digunakan untuk menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan ukhuwah Islamiyah melalui konten pembelajaran berbasis multimedia dan sistem pengawasan daring. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan akses dan literasi digital, pihak pesantren secara aktif melakukan inovasi untuk menyesuaikan kurikulum dan kegiatan pembinaan karakter sesuai dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian, teknologi digital terbukti memiliki peran signifikan dalam memperkuat pendidikan karakter Islami secara efektif dan adaptif di lingkungan pesantren.

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Mahardika, K., & Iwantoro, I. (2025). Peran Teknologi Digital Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Islami Di Pesantren Digital Muhammadiyah At-tanwir Bangil. Tarbiyah Islamiah: Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 1(1), 27–33. Retrieved from http://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/tijipi/article/view/9